Assalamu'alaikum. Arin H. Widhi

Jumat, 26 Juni 2015

Tips Mengajarkan Anak-Anak Menabung

Anak-anak identik dengan banyak kemauan dan selalu lapar mata ketika melihat barang-barang yang menarik. Setiap kali mereka diajak ke luar rumah misalnya ke pasar atau mall, mereka selalu meminta dibelikan barang ini dan itu, bahkan terkadang tidak mau tahu jika keuangan orangtuanya sedang tidak ada. Dan yang lebih parahnya lagi anak-anak bisa menanggis sejadi-jadinya tanpa peduli ia sedang ada di mana. Tak jarang kebiasaan seperti ini akan terus berlanjut sampai anak tersebut menginjak masa remaja. Kebiasaan seperti ini membuat anak menjadi manja dan egois-apa saja keinginannya selalu ingin dituruti tanpa mau peduli kondisi orangtuanya. Dan sikap anak seperti ini di zaman sekarang sangat sering kita temui. Di lingkungan sekitar saya sendiri fenomena ini telah menjadi pemandangan sehari-hari. Bahkan yang lebih parahnya lagi anak sampai berani durhaka kepada orangtua hanya gara-gara tak dibelikan sesuatu yang ia inginkan.
Kebiasaan buruk seperti yang saya utarakan diatas sebenarnya bisa dihindari jika sedari kecil dengan ditanamkan sikap gemar menabung oleh orangtua, karena sikap gemar menabung menumbuhkan kehati-hatian anak dalam mengelola uang dan menumbuhkan sikap kemandirian finansial. Namun kebanyakan anak tidak paham pentingnya menabung dan disinilah peran orangtua dalam mengarahkan anak sangat diperlukan. Memang tidak instan hasilnya, karena membutuhkan kesabaran orangtua dalam mendampingi anak belajar menabung. Tapi apakah ibu atau bapak mau kelak anaknya menjadi manja, bergantung terus pada orangtua bahkan durhaka? tidak bukan!
Dalam keluarga saya sendiri ajaran untuk menabung sudah ditanamkan sejak kecil. Beberapa tips di bawah ini mungkin dapat membantu orangtua dalam mengajarkan anaknya untuk menabung:


1. Beri kepercayaan anak mengelola uangnya sendiri
Banyak orangtua tidak percaya pada kemampuan buah hatinya sendiri, sehingga orangtua

selalu mengambil alih apa-apa yang mustinya dikerjakan sendiri oleh anak. Hal ini mungkin didasari oleh rasa cinta orangtua terhadap sang nak, namun prilaku orangtua yang demikian malah membentuk kepribadian anak menjadi manja dan selalu bergantung kepada orangtuanya khususnya masalah uang. 

2. Ajarkan mengelola uang dengan membuat pengelompokan kebutuhan
Di moment mendekati hari raya, anak-anak biasanya mendapatkan uang dari sanak keluarga maupun tetangga. Ajak anak membagi uang yang dia dapat menjadi beberapa bagian. Misalnya, sebagian untuk dia jajankan, sebagian ia tabung, dan sebagian lagi disedekahkan.

3. Jangan pernah memakai uang yang dipunyai anak
Tak jarang bagi beberapa orangtua menganggap 'meminjam dahulu' uang anak adalah hal yang biasa, namun tahukah anda bahwa dengan anda memakai uang anak, anda telah membuat dia berfikir uangnya anda rebut dan hal ini membuat anak enggan menyisihkan uangnya serta lebih memilih untuk membelanjakannya sendiri sesuka hati mereka.

4. Awasi dan beri pengertian kepada anak tentang benda yang ingin dia beli
Sebelum anak membeli barang yang dia inginkan ada baiknya orangtua memberi pengertian kepada anak tentang seluk beluk barang apa yang akan dia beli, dan jangan lupa tawarkan opsi-opsi pilihan lain yang mungkin lebih berguna untuk anak di masa depan. Jangan sampai anak membeli suatu barang yang hanya bisa dia pakai sehari dua hari lantaran ia bosan mengunakannya. 

5. Sebelum mengajarkan anak menabung ajari diri anda sendiri harus memiliki tabungan
Orangtua adalah guru anaknya. Kita sadari maupun tidak anak selalu meniru tingkah laku orangtuanya. Untuk mengajarkan akan gemar menabung ada baiknya ajak dia melihat anda menyetor uang tabungan atau mengajak memasukkan uang kecelengan anda. Dengan kita gemar menabung anak akan meniru kebiasaan baik tersebut.


Mungkin hanya sebatas itu tips-tips yang bisa saya bagikan yang berkaitan dengan mengelola keuangan khususnya menabung. Jika ingin mencari berbagai tips menarik dan bermanfaat seputar mengelola keuangan dan seluk beluknya saya sarankan anda mampir ke website Cermati.com 



Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog share tips menabung bersama blog Emak Gaoel dan Cermati.com.





Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar